Jumat, 05 Juni 2015

Studi Pilot Acak: Feasibilitas pada Orang dewasa Penderita Asma yang Berolahraga

Olahraga aerobik nampak memiliki manfaat klinis untuk penderita asama, namun pemahaman secara utuh mengenai mekanisme yang mendasari manfaat tersebut belum diuraikan pada saat tersebut.


Tujuan studi ini adalah untuk menentukan feasibiltias studi kedepannya secara lebih besar yang akan menjelaskan efek olahraga aerobik pada ukuran cellular, molekular, dan fungsional pada orang dewasa penderita asma ringan.


Subjek yang diambil dipilih secara acak kedalam perawatan umum (sendentari) atau perawatan umum dengan kelompok penanganan olahraga aerobik intensitas menengah.


Kelompok olahraga berlangsung pada olahraga program berjalan 12 minggu dengan detak jantung 60-75% (HRmax), tingkat self-monitored subjek HRmax menggunakan monitor detak jantung, catatan olahraga dan catatan masuk tempat pusat rekreasi juga digunakan.


Ukuran fungsional, meliputi skor fungsi jantung dan kontrol asma, dievaluasi untuk semua subjek pada pra dan pasca studi; ukuran kebugaran juga dnilai untuk subjek dalam kelompok olahraga. Peripheral blood dan nasal lavage fluid dihimpun dari semua subjek pada kunjungan pra dan pasca studi dalam upaya untuk mengevaluasi ukuran cellular dan molekular, mencakup perbedaan sel dan protein eosinophilic cationic (ECP).


Enambelas subjek melengkapi protokol persyaratan. Hasil menunjukkan bahwa subjek acak terhadap kelompok olahraga yang mengikuti dengan baik (80%) pada preskripsi olahraga dan memperlihatka trend terhadap tingkat kebugaran perkembangan dalam penyelesaian studi. Kedua kelompok memperlihatkan kemajuan pada skor ACQ. Tidak ada perubahan yang diobservasi dalam fungsi paru (FEVI, FEVI/FVC), perbedaan sel, atau ECP antar kelompok.


Kesimpulan :

Hasil mengindikasikan bahwa program pelatihan aerobik intensitas menengah dapat memperbaiki kontrol asma dan tingkat kebugaran tanpa menyebabkan pemburukan asma pada penderita asma dewasa. Temuan ini memperlihatkan feasibilitas protokol studi dalam persiapan percobaan klinis yang lebih luas yang akan menguraikan konsekuensi fungsional olahraga aerobik pada respon cellular dan molekular penderita asma.


sumber :  http://kunjurkes.blogspot.com/2013/03/studi-pilot-acak-feasibilitas-pada.html

 

  

Tidak ada komentar: