Jumat, 05 Juni 2015

Monitor Komputer

Monitor adalah salah satu perangkat komputer yang berfungsi untuk menampilkan segala jenis data atau informasi yang diproses oleh komputer baik itu data yang masuk maupun keluar dari komputer. Yang dihubungkan dengan Video Graphic Adapter card (VGA card) dengan tujuan agar monitor dapat menampilkan teks dan grafik.
Sejarah Monitor

Monitor khusus untuk komputer dikeluarkan oleh IBM PC dengan resolusi 80 X 25, pada generasi berikutnya muncul mono graphics (MGA/MDA) yang memiliki resolusi 720x350, sampai munculnya monitor EGA dengan resolusi yang lebih bagus yaitu 640x350, sampai sekarang ini keluar dengan generasi monitor terbaru yaitu LCD yang tidak lagi menggunakan tabung elektron CRT tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat menampilkan gambar yang lebih baik pada monitir Anda.



Monitor disebut juga layar penampil yaitu salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan segala jenis kegiatan baik data maupun informasi yang diproses oleh komputer baik itu data yang masuk maupun keluar dari komputer. Yang dihubungkan dengan Video Graphic Adapter card (VGA card) dengan tujuan agar monitor dapat menampilkan teks dan grafik. Pada saat yang bersamaan saat kita sedang menggunakan komputer untuk suatu keperluan sehari-hari.

Cara Kerja Monitor Komputer
Cara kerja monitor sama saja dengan televisi yang berbasis CRT (Cathode Ray Tube), yang ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapisi elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memancarkan cahaya yang disebut sinar elektron. Monitor akan menampilkan apa yang sedang dilakukan atau dikerjakan oleh komputer, sehingga memudahkan kita dalam menemukan apa yang ingin kita cari dan ingin kita gunakan.

Fungsi monitor adalah untuk menampilkan seluruh kejadian pada komputer Anda, sebagai contoh jika kita menggerakan mouse, tidak mungkinkan kita melihat mousenya, pasti yang kita lihat adalah cursornya, nah cursor tersebut dapat terlihat hanya pada layar monitor tersebut, arah dan tujuan cursor tersebut tergantung kepada kita yang mengendalikan komputer. Dan pada saat kita membuka sesuatu yang ada pada monitor tersebut pada saat itu pula monitor menampilkannya.

Jenis Monitor CRT (Cathode Ray Tube) adalah monitor komputer yang paling umum kita jumpai, monitor jenis CRT biasanya memiliki rasio kontras yang lebih. Jenis Monitor LCD (liquid crystal display) adalah monitor tipis dengan layar datar yang menggunakan cahaya kristal cair monitor jenis ini tentu lebih hemat energi daripada CRT. Jenis Monitor plasma merupakan inovasi baru dari teknologi yang dapat menghasilkan teknologi yang membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD.

Bahaya Radiasi Monitor
Penggunaan komputer selama 12 jam perhari dengan monitor yang tidak dilapisi oleh filter anti radiasi akan mengakibatkan mata merah. Bahaya radiasi monitor bagi mata dapat mengakibatkan gangguan sampai pada kerusakan pada mata. Berikut behaya yang dapat diakibatkan oleh radiasi monitor pada mata. Monitor sendiri menghasilkan radiasi sinar x, ultraviolet, gelombang mikro dan radiasi eletromagnetik berfrekuensi rendah. Semakin terang monitor anda, maka semakin banyak radiasi yang ditimbulkannya.
 
Kesimpulan :
Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor
 
Sumber : http://wahyufisip.blogspot.com/2011/10/artikel-monitor-komputer.html

Tidak ada komentar: